November 29, 2020

5 Pengusaha Muda Yang Sukses Dari Nol

Sukses di usia muda merupakan dambaan semua orang. Terlebih jika sukses yang diraih karena usaha sendiri ketimbang bekerja dengan orang lain. Menjadi pengusaha muda memang membutukan effort yang tidak sedikit. Di ketika anak muda kebanyakan memilih untuk bersenang-bahagia, pengusaha muda sudah berkutat dengan banyak sekali ide dan mencari peluang untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan banyak orang.

Tujuan mereka membangun sebuah bisnis pun bermacam-macam. Ada yang memang sudah memiliki ketertarikan di bidang bisnis, menekuni hobi yang disukai, hingga menambah penghasilan alasannya yaitu menjadi pegawai dirasa tidak cukup. Banyak juga dari mereka yang membangun bisnis dari nol. Bisnis pun dibangun dengan semangat dan perilaku pantang menyerah.

Para Pengusaha Muda Sukses dari Nol

Tidak gampang memang membangun bisnis dari nol. Mulai dari merencanakan bisnis apa yang akan digeluti, berkutat dengan pertolongan merek, menghitung asumsi modal, dan lain sebagainya. Bisnis yang dimulai dari nol bisa menjadi sukses apabila dilakukan dengan semangat, kerja keras, dan selalu melahirkan penemuan-inovasi terhadap produknya agar mampu bersaing di pasaran dan mencapai target sasaran.

Di tingkat global, kita mengenal Larry Page yang menciptakan Google di usia muda dan Evan Spiegel yang menemukan aplikasi Snapchat. Dari dalam negeri, kita mempunyai banyak sekali pengusaha yang sukses di usia muda. Para pengusaha muda asal Indonesia yang sukses membangun bisnis dari nol ini, yaitu:

1. Carline Darjanto – Pendiri Brand Fesyen Cotton Ink

Cotton Ink merupakan merk yang menjadi surga bari para pecinta fesyen. Carline Darjanto merupakan sosok di balik lahirnya merk ini. Ia menawarkan berbagai produk fesyen menarik, mulai dari pakaian, sepatu, aksesori, dan lainnya dengan harga yang terjangkau. Bersama teman baiknya, Ria Sarwono, pada tahun 2008 Carline merintis bisnis yang awalnya hanya untuk menambah uang saku setelah lulus kuliah. Tapi siapa sangka, bisnis yang mulanya hanya sebagai sampingan ini ternyata sukses mendapatkan banyak permintaan dari pelanggan sehingga membuatnya fokus untuk merintis Cotton Ink sebagai pekerjaan utama. Carline dan temannya memang memiliki passion yang besar di dunia fesyen, itulah mengapa ia berusaha untuk merintis dan membesarkan Cotton Ink. Passion saja memang tidak cukup untuk membangun bisnis apa pun, karena Carline juga menghadapi jatuh bangun berulangkali hingga akhirnya Cotton Ink sukses dan memiliki banyak pegawai. Ketekunan, kerja keras, dan inovasinya ini mengantarkannya ke berbagai penghargaan. Cotton Ink berhasil meraih penghargaan di Cleo Fashion Award pada tahun 2010, Free! Magazine Award, inStyle Magazine Award, dan penghargaan internasional yang belum lama ini diraihnya yaitu ajang Asia 30 Under 30 yang diselenggarakan oleh Forbes.

2. Merrie Elizabeth – Pendiri Salon BloBar

Merrie Elizabeth sukses mendirikan BloBar, yaitu sebuah salon kecantikan yang berlokasi di bilangan Kemang, Jakarta Selatan. Wanita berusia 28 tahun ini mendirikan salon yang fokus pada pewarnaan rambut dan blowdry express. Wanita yang meraih gelar S-2 dari Prasetiya Mulya Business School ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai best colorist salon se-Indonesia. Atas penghargaan yang diraihnya ini, ia terlihat ingin mengembangkan kemampuan stylist-nya bukan sekedar memotong dan mewarnai rambut, tapi bisa menjadi seniman di salon yang dianggapnya sebagai studio. Penghargaan lainnya yang diraih yaitu dengan masuk di ajang 30 Under 30 Asia yang diselenggarakan Forbes beberapa waktu silam untuk kategori Retail E-Commerce.

3. Poernomo Bersaudara – KOI Dessert Bar

Reynold dan Arnold Poernomo merupakan dua saudara yang lahir di Indonesia dan besar di Sydney, Australia. Mereka merupakan pemilik sekaligus chef dari KOI Dessert Bar di Sydney. Mereka juga memiliki restoran NOMZ di Jakarta. Kiprahnya di dunia masakan diturunkan dari sang ibu yang mempunyai bisnis restoran dan mengenalkannya semenjak mereka kecil. Reynold juga pernah menjadi akseptor di MasterChef Australia, sedangkan Arnold menjadi juri di MasterChef Indonesia dan MasterChef Junior. Kafe yang berdiri pada tahun 2015 ini lahir dari kecintaan mereka berdua terhadap dessert. Mereka pun mendapat julukan sebagai “The King of Dessert.

4. Tyovan Ari Widagdo – Founder Bahaso

Tyofan Ari Widagdo merupakan pendiri sekaligus CEO dari startup Bahaso, platform online sebagai wadah untuk belajar Bahasa Inggris. Pria berusia 27 tahun ini memang sudah terjun ke dunia entrepreneur IT sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya pada dunia IT membuat ia mengambil jurusan IT di salah satu universitas di Jakarta. Atas prestasinya dalam membangun Bahaso, Tyovan terdaftar di ajang Forbes Asia yaitu 30 Under 30.

5. Winston Utomo – Pendiri IDNMedia

Pada tahun 2014, Winston dan sang adik bersama-sama mendirikan IDNMedia sebagai media yang menyajikan konten-konten menarik. Seperti dilansir SWA, IDNMedia memiliki 5 lini bisnis, yaitu IDNtimes, Popbela, IDNtv, Hyperlink, dan IDNcreative. Perbedaan IDNtimes dengan media lainnya yaitu adanya unsur kreatif yang diberikan di setiap berita yang disajikan. Winston sendiri awalnya merupakan Account Specialist di Google Singapura. Awalnya ia hanya iseng membuat sebuah artikel di laman pribadinya, tanpa disangka, artikel tersebut viral dan disukai banyak orang. Sehingga ia melihat peluang ini dengan membuat konten dengan target utama generasi Y dan Z. Ia pun keluar dari Google dan mulai merintis startup yang berlokasi di dua kawasan, yakni Surabaya dan Jakarta, dengan jumlah karyawan sebanyak 60 orang.

Bagaimana Caranya Menjadi Pengusaha Muda?

Menjadi pengusaha muda yang sukses membutuhkan usaha yang tidak pendek. Berbagai cara dilakukan demi sukses meraih apa yang diharapkan. Beberapa perbedaan antara anak muda biasa dan anak muda yang telah menjadi pengusaha yaitu sikap kerja keras dan mempunyai tujuan ke depan. Pada umumnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi pengusaha muda, di antaranya:

1. Berani Mengambil Risiko

Pengusaha muda yang sukses siap menghadapi segala risiko yang akan dihadapinya, bahkan kegagalan sekalipun. Ia berani mengambil risiko atas keputusan yang telah dibuatnya dan mengambil pelajaran dari setiap kegagalan atau jatuh bangun yang dialaminya.

2. Menjadikan Hobi Sebagai Bisnis

Peluang kesuksesan yang berasal dari hobi sangat besar, alasannya yakni itu tandanya kita mengerjakan segalanya dengan penuh suka cita.

3. Inovasi Tanpa Henti

Bisnis yang sukses harus dilapisi dengan inovasi-penemuan yang berbeda dari sebelumnya. Melihat peluang dari setiap perkembangan zaman merupakan salah satu cara untuk menghasilkan inovasi gres.

Masih banyak cara lainnya yang diperlukan untuk menjadi pengusaha muda yang sukses. Sikap ulet, disiplin, dan pantang mengalah merupakan sikap yang juga perlu dimiliki biar bisa menjadi pengusaha sukses.

Menjadi sukses tidak mengenal batas usia, anak muda sekali pun bila bisa melihat peluang dan selalu berinovasi, bukan mustahil banyak pandangan gres-ide yang lahir dari pemikirannya. Semoga ulasan mengenai 5 pengusaha muda yang sukses dari nol bisa memotivasi Anda untuk mulai merintis usaha dari nol dan bisa sukses mirip mereka di usia muda. Salam inovasi!